Sabtu, 21 Mei 2011

Saman Tari Paling Familiar di Dunia Pendidikan

Saman, tari Aceh ini bisa dikatakan satu aset paling terkenal dari daerah asalnya. Pasalnya tari ini udah begitu familiar banget untuk ditampilin di acara-acara disekitar kita, bahkan tari ini banyak dipelajari masyarakat, a.k.a pelajar dan mahasiswa yang bukan orang Aceh yang tentu aja nggak semuanya ngerti apa sih makna dari lagu2 yang dinyanyikan Syekh selama tarian ini berlangsung. Tari saman memang memiliki nilai plus. Pertama, tari ini nggak terlalu memperhatikan postur tubuh seseorang layaknya di tarian lain, sehingga penari pun tidak terlalu was-was untuk dieliminasi jika dia agak gemukan dengan catatan gerakannya tetep oke. Kedua, tari ini tidak mengutamakan kelenturan tubuh yang amat sangat, dikarenakan tari saman sendiri hanya ada 2 posisi garis besar, duduk berkepanjangan dan berdiri. Tiga, hal paling menentukan apakah dia sanggup menari saman atau tidak adalah daya ingat yang harus kuat serta konsentrasi tinggi yang didukung fisik yang harus tahan buat duduk lama and ngesot untuk formasi yang top banget sakitnya. Empat, kostum tari saman tergolong sopan untuk kategori tari, daerah khususnya.
Kalau dari sudut pandang saya sih, tari ini sebenarnya cukup asik *saya udah mngenal dan belajar tari daerah dkk sejak tk. Tari saman mirip perpaduan tari, olahraga, ama adu daya ingat.
Totally, saman emang paling sopan and pas sih kalo ditampilin di event2 pendidikan dengan semua plus2nya yang saya sebutin tadi. Buat tari daerah lain, masih banyak juga lho yang cocok and bagus buat ditampilin ^_^ ohya fyi, saya bisa ngomong gini karena saya juga ikut saman di kampus, dulu waktu SMA ama temen2 belajar saman dari youtube ampe sukses ditampilin. Hebat kan....hhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar